Jumat, 27 November 2015

Pengertian Manajemen

Apakah kalian sering mendengar kata manajemen ? Mungkin sebagian besar dari kalian tidak asing lagi dengan kata yang satu ini. Kata ini memang sering dijadikan kata ganti dari kata mengelola atau menata sesuatu.

Arti Kata Manajemen secara Etimologi
Dalam bahasa perancis kuno kata  ménagement memiliki arti "seni melaksanakan dan mengatur". Dalam bahasa Itali, juga terdapat kata maneggiare yang memiliki arti "mengendalikan", khususnya mengendalikan kuda, yang awalnya berasal dari bahasa latin manus yang berarti "tangan". Setelah itu, Bahasa Perancis mengadopsi kata ini dari Bahasa Inggris, "ménagement", yang artinya seni dalam melaksanakan dan mengatur.

Pengertian Manajemen
Membahas pengertian manajemen, sebenarnya sangat terkait dengan upaya untuk mencapai tujuan organisasi yang dilakukan oleh sekelompok orang. Pengertian manajemen dalam beberapa dekade ini telah mengalami proses evolusi sesuai dengan perkembangan dinamika kegiatan organisasi. Ada beberapa pengertian manajemen menurut beberapa penulis dan tokoh manajemen. 

Apabila berbagai pengertian mengenai manajemen ditelaah, memang banyak diantara pernyataan beberapa tokoh yang terkesan cukup berbeda akan tetapi inti dari pernyataan mengenai pengertian manajemen tersebut di atas pada dasarnya adalah sama pada inti permasalahannya. Perbedaan hanya bersifat gradual saja yang hal ini dikarenakan adanya perbedaan latar belakang penulis, keadaan saat itu, dan dari sudut pandang mana penulis itu melihat permasalahan manajemen
Jika kita mau mencari, masih banyak lagi pernyataan berbagai tokoh mengenai pengertian manajemen, tapi dari sekian banyak pengertian tersebut dapat dikatan bahwa permasalahan manajemen berkaitan dengan : “Usaha untuk memelihara kerja sama dari suatu kelompok yang berisikan beberapa orang dalam suatu kesatuan serta usaha memanfaatkan sumber daya manusia yang didukung juga dengan sumber daya lainnya yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang tekah ditentukan sebekumnya.”
Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari beberapa pernyataan mengenai pengertian diatas diantaranya :
1.    Manajemen merupakan perpaduan antara seni dan ilmu pengetahuan.
2.    Manajemen merupakan suatu proses yang sistematis, terkoordinasi dan kooperatif dalam usaha-usaha memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
3.    Manajemen memiliki tujuan tertentu, keberhasilan tujuan tersebut bergantung pada kemampuan memanfaatkan seluruh potensi yang ada.
4.    Manajemen hanya dapat diaplikasikan pada suatu kelompok manusia yang beranggotakan lebih dari satu orang yang berkerja secara formal serta mempunyai tujuan yang sama.
5.    Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.
6.    Kepemimpinan merupakan salah satu faktor paling dominan dalam manajemen.
7.    Manajemen merupakan suatu sistem kerja sama yang kooperatif dan rasional.
8.    Manajemen di dasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab yang seimbang dan teratur.     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar